A. VISI SEKOLAH
Visi SMA N 1 Cawas adalah ” UNGGUL DAN TERAMPIL DALAM PRESTASI BERDASARKAN IMTAQ”
Indikator :
1. unggul dalam perolehan NUM (Nilai Unas Murni)
2. unggul dalam persaingan melanjutkan ke jenjang pendidikan diatasnya.
3. Unggul dalam lomba mata pelajaran
4. Unggl dalam lomba olimpiade..
5. Unggul dalam lomba karya ilmiah remaja (KIR)
6. Unggul dalam lomba kreativitas.
7. Unggul dalam lomba kesenian.
8. Unggul dalam lomba keolah ragaan.
9. Unggul dalam lomba ketrampilan komputer
10. Unggul dalam kepramukaan
11. Unggul dalam kedisiplinan.
12. Unggul dalam aktvitas keagamaan
13. Unggul dan terampil dalam kepedulian social.
14.Unggul dalam moralitas kepribadian.
B. MISI SEKOLAH
Misi SMA N 1 Cawas adalah
1. Mewujudkan iklim sekolah yang terbuka dan demokratis.
2. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
3. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
4. Mendorong membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat dikembangkan secara optimal.
5. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
6. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah (stake holders)
7. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang produktif, mandiri, kompetetif, maju berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
8. Menumbuh kembangkan potensi keterampilan dan atau kecerdasan pikir, emosional (intuisi), moral dan sosial kepada seluruh warga sekolah.
C. TUJUAN :
1. Tujuan Umum
Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
2. Tujuan Khusus SMA Negeri 1 Cawas
ü Mampu mengantarkan siswa ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
ü Mengantarkan siswa SMA Negeri 1 Cawas menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berbudi luhur, Sopan Santun, berbudaya, berkepribadian matang, sehat jasmani dan rohani, cerdas, trampil, memiliki semangat keilmuan, kebangsaan, dan cinta tanah air, memiliki kesadaran lingkungan serta berorientasi ke masa depan.
Berdasarkan visi dan misi di atas, SMA N 1 Cawas berusaha untuk mewujudkan dirinya sebagai sekolah yang bermutu, yaitu sebuah sekolah dengan kualitas lulusan yang memiliki daya saing kuat untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi atau memiliki ketrampilan yang memadai untuk terjun ke dunia kerja.
D. RENCANA STRATEGIS
Untuk dapat mewujudkan tujuan diatas, telah diprogramkan oleh sekolah antara lain:
1. Menyertakan guru dalam setiap penataran untuk meningkatkan kualitas di dalam KBM
2. Mengaktifkan MGMP / MGBP tingkat sekolah untuk mengkaji dan mengembangkan program pengajaran sesuai dengan mata pelajaran masing-masing
3. Berusaha melengkapi sarana dan prasarana sekolah untuk menunjang program yang telah dicanangkan
4. Menggiatkan ekstrakurikuler untuk pembekalan kecakapan kejuruan (vocational skill). Dan mengikutkan siswa dalam perlombaan
5. Pengadaan alat dan bahan praktek serta computer
6. Rehabilitasi sarana atau bangunan sekolah yang telah mengalami kerusakan
7. Berusaha memperoleh dana untuk menunjang program sekolah
E. SASARAN / KEBUTUHAN SEKOLAH
1. Aspek peningkatan mutu sekolah
a. Adanya koordinasi internal secara berkesinambungan
b. Adanya konsodilasi dan diskusi berkala bagi guru
c. Adanya sosialisasi internal kepada warga sekolah
d. Adanya penambahan wawasan manajemen sekolah
e. Adanya evaluasi program sekolah secara berkala
f. Monitoring / evaluasi dan pelaporan
2. Aspek pengembangan kurikulum dan system pengujian
a. Penyusunan silabus dan system pengujian
b. Perlu adanya remedial atau pengayaan bagi siswa yang diorientasikan pada peningkatan kuantitas siswa yang diterima di perguruan tinggi
c. Efektifitas praktikum IPA
d. Komputerisasi hasil evaluasi siswa
e. Pendataan siswa dengan computer
f. Penyediaan dokumen kurikulum
3. Aspek pembinaan kesiswaan
a. Sosialisasi program kesiswaan kepada STP2K, walikelas dan Pembina terkait
b. Pembinaan Iman dan taqwa yang terprogram dan berkelanjutan
c. Efektifitas kegiatan ekstrakurikuler
4. Aspek pengembangan fasilitas sekolah
a. Pengadaan sumber belajar
b. Pengadaan alat bantu belajar
c. Pengadaan alat dan bahan eksperimen pembelajaran dalam rangka pengembangan ilmu-ilmu dasar ( fisika, kimia, biologi )
d. Penambahan ruang belajar
e. Penyempurnaan pagar sekolah
f. Pengadaan gedung pertemuan
5. Aspek ketenagaan / personalia.
a. Peningkatan profesionalisme guru
b. Studi banding ke lembaga atau sekolah
c. Peningkatan kemampuan tenaga administrasi, laboran dan pustakawan
d. Pelaksanaan pembelajaran diluar sekolah
F. ANALISA SWOT
1. Kekuatan/Kekuatan Sekolah (S=Stength)
a. Partisipasi Masyarakat yang cukup tinggi
b. Etos kerja Guru yang cukup memuaskan
c. Sistem kepemimpinan sekolah yang demokratis, transparan, bersih dan humanistik.
d. Proaktivasi komponen-komponen Stake holder sekolah
e. Semangat belajar siswa yang cukup menggembirakan
f. Lokasi Pengembangan fisik yang masih luas
g. Letak geografis sekolah yang cukup strategis
h. Telah tersedia sarana internet
2. Kelemahan/Kekurangan Sekolah (W=Weakness)
a. Adanya sebagian orang tua wali yang lemah ekonomi
b. Adanya sebagian sarana sekolah yang belum dimiliki
c. Adanya sebagian sarana prasarana sekolah yang belum memenuhi standar
d. Adanya keterbatasan sumber air
e. Penguasaan Teknologi Informasi sebagian besar guru belum maksimal
f. Adanya sebagian kecil Tenaga/personalia yang kurang profesional
g. Semangat mengevaluasi diri yang masih kurang
h. Tingkat kesejahteraan guru dan karyawan yang kurang memadai
i. Struktur tanah di kecamatan cawas yang labil
3. Peluang/Kesempatan Sekolah ( O = Oppurtunity)
a. Adanya penerapan MPMBS (Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah).
b. Terbukanya persaingan yang semakin sehat
c. Tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam hal mutu pendidikan
d. Independensi sekolah yang mulai diberikan
e. Motivasi diri tenaga pendidik di SMA Negeri 1 Cawas untuk melanjutkan studi cukup tinggi
4. Ancaman Sekolah (T = Threat)
a. Sebagian ekonomi masyarakat yang masih lemah
b. Demokratisasi yang cenderung liberal
c. Dampak negatif kebebasan pers
d. Semakin banyak tamatan Perguruan Tinggi yang belum mampu mandiri
e. Letak geografis SMA Negeri 1 Cawas jauh dari Kota Kabupaten dan Kota Propinsi, sehingga resiko keterlambatan persuratan cukup tinggi.
f. Adanya bencana alam yang menimpa sebagian besar rumah penduduk
g. Peredaran Narkoba ke generasi muda yang semakin canggih
G. ANALISIS TINGKAT KESIAPAN FUNGSI
No | Fungsi dan faktor | Criteria kesiapan | Kondisi nyata | Tingkat kesiapan faktor | |
siap | Tidak siap | ||||
1. | Fungsi PBM | | | | |
| a. factor internal | | | | |
| ü metode | Bervariasi | Bervariasi | v | |
| ü motivasi guru | Tinggi | Cukup tinggi | v | |
| ü motivasi siswa | tinggi | tinggi | v | |
| ü alokasi waktu per MP | efektif | efektif | v | |
| b. factor eksternal | | | | |
| ü lingkungan fisik | kondusif | Kondusif | v | |
| ü lingkungan sosial | Kondusif | kondusif | v | |
| ü dukungan/kerja-sama outsourcing dalam KBM | kooperatif | Kooperatif | v | |
| | | | | |
2. | Fungsi KURIKULUM | | | | |
| a. factor internal | | | | |
| ü Diskusi kurikulum lintas MP | intensif | Kurang intensif | v | |
| ü Silabus per MP | lengkap | Kurang Lengkap | v | |
| ü Buku pegangan | Lengkap | Lengkap | v | |
| ü Dokumen program pengembangan sekolah | lengkap | lengkap | v | |
| b. factor eksternal | | | | |
| ü Kesesuaian dengan kemajuan IPTEK | Tinggi | Cukup Tinggi | v | |
| ü Kesesuaian dengan kebutuhan / tuntut-an masyarakat | Tinggi | Cukup Tinggi | v | |
| ü Kesesuaian dengan karakteristik siswa | Tinggi | Tinggi | v | |
| | | | | |
3. | Fungsi PERSONALIA | | | | |
| a. factor internal | | | | |
| ü ketercukupan jumlah guru | Tinggi | Tinggi | v | |
| ü ketercukupan juml-ah tenaga teknis | Tinggi | Kurang / cukup / Tinggi | v | |
| ü ketercukupan tenaga administrasi | Tinggi | Tinggi | v | |
| ü kemampuan staf administrasi | Tinggi | Tinggi | v | |
| ü kemampuan guru | Tinggi | Tinggi | v | |
| ü kemampuan laboran | Tinggi | Tinggi | v | |
| ü kemampuan pustakawan | Tinggi | Tinggi | v | |
| b. factor eksternal | | | | |
| ü Kesesuaian kompe-tensi atau ijazah guru dengan MP | Tinggi | Tinggi | v | |
| ü Kesesuaian dengan perubahan nilai / paradigma pembelajaran | Tinggi | Tinggi | v | |
| | | | | |
4. | Fungsi EVALUASI | | | | |
| a. factor internal | | | | |
| ü Metode evaluasi | bervariasi | bervariasi | v | |
| ü Diskusi hasil belajar siswa | intensif | intensif | v | |
| ü Dokumen evaluasi | Lengkap | Lengkap | v | |
| ü Dokumen pedoman evaluasi | lengkap | lengkap | v | |
| b. factor eksternal | | | | |
| ü Masukan / umpan balik masyarakat / orangtua | Tinggi | Tinggi | v | |
| ü dukungan/kerja-sama outsourcing dalam evaluasi | Tinggi | Tinggi | v | |
| | | | | |
5. | Fungsi KEUANGAN | | | | |
| a. factor internal | | | | |
| ü Ketersediaan dana / keuangan | Tinggi | Tinggi | v | |
| ü Dokumentasi keuangan | Lengkap | Lengkap | v | |
| ü Administrasi keuangan | lengkap | lengkap | v | |
| ü Kesesuaian dengan kebutuhan rutin | Tinggi | Tinggi | v | |
| ü Kesesuaian dengan kebutuhan program kerja | Tinggi | Tinggi | v | |
| b. factor eksternal | | | | |
| ü Dukungan pemerintah terkait | Tinggi | Tinggi | v | |
| ü dukungan masyara-kat / orang tua | Tinggi | Tinggi | v | |
| ü dukungan /alumni | Tinggi | Kurang | v | |
| | | | | |
6. | Fungsi FASILITAS | | | | |
| a. factor internal | | | | |
| ü Ruang Kelas | Ada, cukup | Kurang | v | |
| ü Fasilitas Olahraga | Ada, lengkap | Ada, lengkap | v | |
| ü Fasilitas Kesenian | Ada, lengkap | Ada, tidak lengkap | v | |
| ü Perpustakaan | Ada, lengkap | Ada, lengkap | v | |
| ü Laboratorium IPA | Ada, lengkap | Ada, tidak lengkap | v | |
| ü Laboratorium bahasa | Ada, lengkap | Tidak ada | v | |
| ü Laboratorium komputer | Ada, lengkap | Ada | v | |
| ü Saluran internet | Ada | Ada | v | |
| ü Sarana ibadah | Ada, memadai | Ada, memadai | v | |
| b. factor eksternal | | | | |
| ü Dukungan masyarakat sekitar sekolah | Ada, Tinggi | Ada, Tinggi | v | |
| ü dukungan lembaga lain ( outsourcing) | Ada, Tinggi | Ada, Tinggi | v | |
0 komentar