Indeks Massa Tubuh (IMT)  

Diposting oleh SMAN1CAWAS

Dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) akan diketahui apakah berat badan seseorang dinyatakan normal, kurus atau gemuk. Dengan catatan penggunaan IMT hanya untuk orang dewasa berumur > 18 tahun dan tidak dapat diterapkan pada bayi, anak, remaja, ibu hamil, dan olahragawan.

Untuk mengetahui nilai IMT ini, dapat dihitung dengan rumus berikut:


                               Berat Badan (Kg)
IMT =     ______________________________
                 Tinggi Badan (m) X Tinggi Badan (m)


Batas ambang IMT untuk masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut
           
                                               
Kriteria 
                                                                                                                                                                                     IMT
Kurus                  Kekurangan berat badan tingkat berat Kekurangan berat badan tingkat ringan                   < 17, 0 17, 0 – 18, 4
Normal                                                                                                                                                                               18, 5 – 25, 0
Gemuk                Kelebihan berat badan tingkat ringan Kelebihan berat badan tingkat berat                          25, 1 – 27, 0 > 27, 0

Jika seseorang termasuk kategori:
1. IMT < 17, 0: keadaan orang tersebut disebut kurus dengan kekurangan berat badan tingkat berat atau  Kurang Energi Kronis (KEK) berat.
2. IMT 17, 0 – 18, 4: keadaan orang tersebut disebut kurus dengan kekurangan berat badan tingkat ringan atau KEK ringan.

Contoh cara menghitung IMT:

Mba Iis dengan tinggi badan 150 cm, berapa berat badan yang ideal?

——————– = 18, 5 (1, 5 X 1, 5) m

Jadi hasilnya adalah 41, 6. Itu berat badan minimal untuk tinggi 1, 5 meter.

Menaikkan berat badan, gampang-gampang susah. Biasanya kita tidak menginginkan banyak lemak yang ter-deposit, melainkan karbohidrat atau protein.

Oleh karena itu, sebaiknya porsi makan kita lebih banyak pada sebelum dan sesudah aktivitas, baik itu bekerja ataupun berolahraga. Boleh juga dibantu dengan Suplemen yang tinggi kalori dan tinggi protein yang banyak beredar di pasaran.

Mengenai genetik atau keturunan. Itu sangat berpengaruh. Karena hampir semua penyakit memiliki faktor genetik yang diturunkan.

This entry was posted on 18.03 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar